Selasa, 20 Juli 2010

MIRROR PORT PADA JARINGAN

Teknologi hub merupakan teknologi pertama pada sebuah network. Teknologi hub ini meneruskan broadcast pada seluruh port yang ada sehingga tehnologi hub tidak cocok untuk jaringan yang besar.

Switch merupakan perkembangan tehnologi terbaru dari teknologi Hub. Teknologi yang ada pada switch lebih cerdas dikarenakan switch dapat memilah paket yang dikirim menuju pada port yang dituju. Akan tetapi teknologi switch membuat trouble shooting pada jaringan agak rumit karena tidak semua trafik dikirim pada setiap port. Switching pada trafik jaringan meningkatkan kecepatan karena bandtwith disediakan hanya untuk koneksi pada port tersebut serta keamanan terjaga lebih baik. Pada umumnya mirror pada device ini disebut “tap” atau “span”.

Konfigurasi mirror pada port 1 sebagai berikut :
switch(config)#monitor session 1 source interface GigabitEthernet 0/1
switch(config)#monitor session 1 destination interface GigabitEthernet 0/5

Kedua opsi konfigurasi di atas memberitahukan switch untuk mengirim “paket transmit” dan “paket receive” menuju pada destination port. Ketika port switch dikonfigurasi sebagai port miror tujuan, port tersebut tidak menerima trafik data hanya berfungsi sebagai “listen port”. Cisco switch memperbolehkan untuk membuat lebih dari satu mirror.

0 komentar:

Posting Komentar