Kamis, 22 Juli 2010

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM SERVER

PENGERTIAN SERVER DAN MACAM-MACAM SERVER

Server adalah sebuah sistem jaringan yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan, selain itu server juga dapat menjalankan perangkat lunak administrasi yang mengintrol akses terhadap jaringan dan sumberdaya yang ada seperti printer, server juga menjadi pengelola dan pusat bagi komputer lainnya, karena server itu tugas utamanya melayani komputer-komputer lain yang disebut client maka server haruslah memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari client-clientnya.

Macam-macam Server

1. Samba Server (Server message block)
Samba server adalah protokol file sharing dan printer sharing pertama yang dapat berjalan pada multi protokol, yaitu dapat berjalan pada TCP/IP, NetBEUI, IPX/SPX.

2. FTP Server (File Transfer Protokol)
FTP server adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi. Tujuan dari FTP server diantaranya sebagai berikut yaitu : sharing data, menyediakan indect atau implicit, remote komputer, menyediakan tempat penyimpanan bagi user, menyediakan transfer data yang realible dan efisien.

3. DNS Server (Domain Name System)
DNS server adalah sebuah aplikasi service di internet yang menterjemahkan sebuah domain nama ke IP address, biasanya digunakan pada aplikasi yang berhubungan ke internet seperti WEB browser, E-mail. Selain digunakan di internet juga dapat di implementasikan ke private network atau internet, sehingga user tidak lagi di repotkan untuk mengingat IP address. Jenis-jenis DNS yaitu chache,primary dan secondary, Secara umum file-file yang harus di buat yaitu :
named.conf : file Configurasi utama dari named
database domain : berisikan nama-nama host dari sebuah domain yang di mapping ke IP addressnya.
database reverse domain : memuat daftar ip addressyang di mapping ke host name dari domain tertentu.

4. WEB Server 
WEB server merupakan sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP/HTTPS dari client yang dikenal dengan "web browser" dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman web yang umum yaitu HTML.WEB server juga merupakan sebuah komputer yang menyediakan layanan untuk internet.

5. Mail Server
Mail server digunakan untuk menntrasfer email pada jaringan TCP/IP atau disebut juga perangkat lunak yang mendistribusikan file atau dokumen yang diminta yang dikirim via email. Mail server juga menyediakan layanan seperti FTP.

6. Proxy server
Proxy server adalah sebuah komputer server atau program yang dapat bertindak sebagai komputer lain untuk melakukan request terhadap content dari intranet atupun internet. Proxy server bertindak sebagai gateway terhadap komputer client, proxy juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringanpribadi yang di hubungkan ke sebuah jaringan publik atau internet.

7. DHCP server (Dynamic Host Configuration Protokol
DHCP merupakan protokol yang memudahkan Pengalokasian alamat IP address dalam satu jaringan. Tugasnya yaitu memberikan IP address kepada semua komputer dalam jaringan lokal secara manual kepada komputer yang tidak menggunakan DHCP, sedangkan yang sudah terhubung maka DHCP akan mendapatkan IP address secara otomatis dari server DHCP. Dalam kata lain DHCP adalah sebuah protokol yang "menyewakan" alamat IP address kepada semua client yang memintanya.


0 komentar:

Poskan Komentar